Kantor Imigrasi TPI ll Kuala Tungkal Siaran Pers

KUALA TUNGKAL - Kantor Imigrasi TPI ll Kuala Tungkal Catat Capaian Kinerja Positif Triwulan l - lll Tahun 2025, mencatat berbagai capaian kinerja positif sepanjang triwulan l hingga triwulan lll Tahun 2025.
Melalui peningkatan kualitas layanan, penguat pengawasan, inovasi berkelanjutan, serta dukungan terhadap program nasional, Imigrasi Kuala Tungkal terus memperlihatkan kinerja yang progresif dan berdampak langsung bagi masyarakat.
Kantor Imigrasi TPI ll Kuala Tungkal memiliki wilayah kerja meliputi Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta 2 Kecamatan di Muara Jambi, yakni Kecamatan Sekernan dan Muaro Sebo.
Kinerja PNPB Melampaui Target Capaian paling menonjol datang dari sisi Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNPB.
Hingga triwulan ke lll Tahun 2025, Kantor Imigrasi TPI ll Kuala Tungkal berhasil melampaui target penerimaan yang telah ditetapkan;
-Target (TPNB): Rp 1.433.500.000,00
-Realisasi ( SPAN dan SIMPONI ): Rp. 2.419.600.000,00
Peningkatan Signifikan menjadi bukti meningkatnya kepercayaan publik terhadap layanan keimigrasian, sekaligus hasil optimalisasi sistem pelayanan berbasis digital dan inovasi terus dilakukan.
Pelayanan Keimigrasian Semakin Prima
Dalam bidang pelayanan Keimigrasian, sepanjang Januari hingga September 2025, Kantor Imigrasi TPI ll Kuala Tungkal,telah menerbitkan, 3.222.Paspor.
Sementara itu, terdapat 45 permohonan paspor yang ditunda kerena terindikasi Pekerja Migran Indonesia non Prosedural,data pendukung tidak lengkap, duplikasi atau kesalahan jenis permohonan.
Kantor Imigrasi Kuala Tungkal juga mencatat aktivitas lalu lintas keimigrasian yang cukup tinggi, Kapal datang di TPI Kuala Tungkal dan TPI Muara Sabak tercatat sebanyak 667 Kapal dengan 7.460 kru WNI dan 2.357 kru WNA.
Sementara Kapal berangkat sebanyak 746 Kapal, dengan 5.333,kru WNI dan 2.060,kru WNA.
Selain itu, telah diterbitkan 85 izin tempat tinggal bagi Warga Negara Asing ( WNA), berdomisili atau bekerja di wilayah kerja.
Untuk meningkatkan kemudahan layanan, Kantor Imigrasi Kuala Tungkal menjalin kerjasama dengan PT.POS Indonesia dalam pengiriman paspor langsung ke alamat pemohon, serta membuka layanan paspor di Dinas PMPTSP Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Berbagai inovsi layanan publik telah dihadirkan, diantaranya;
-LAYAR KURAKIT ( Layanan Paspor Khusus Orang Sakit).
-LAYAR SERENTAK ( Layanan Paspor Untuk Kaum Disabilitas,Rentan dan Anak).
Selain itu, disediakan toilet dan loket khusus disabilitas, pojok baca dengan koleksi buku beragam, tempat bermain anak serta kopi,teh, dan makanan ringan bagi pemohon.
Semua pasilitas ini wujud nyata yang humanis dan inklusif.
Pengawasan Keimigrasian dan Sinergi Antar Instansi.
Dibidang pengawasan, Kantor Imigrasi Kuala Tungkal terus memperkuat fungsi terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing.
Hingga triwulan ke lll Tahun 2025, tercatat 133 orang asing yang diawasi melalui mekanisme pelaporan diri, pemantauan lapangan, serta kegiatan intelijen.
Selain itu, dilaksanakan 3 kegiatan Timpora dan Operasi Gabungan yang melibatkan sinergi dengan berbagai instansi terkait wilayah kerja.
Kantor Imigrasi Kuala Tungkal juga memiliki Empat Desa binaan Imigrasi, yakni Desa Pematang Pulai, Kelurahan Sengeti, Desa Teluk Sialang, dan Desa Pembengis, yang menjadi bagian dari program pemberdayaan masyarakat serta peningkatan kesadaran hukum dan keimigrasian.
Dari aspek intelijen keimigrasian, telah dilaksanakan 16 kegiatan pengumpulan dan pengelolaan data intelijen, 23 operasi intelijen, serta 32 kordinasi lintas instansi.
Pemanfaatan Layanan digital, Keimigrasian juga diperkuat melalui aplikasi LHI, SOI, APGAKUM, dan APOA, untuk mendukung sistem pengawasan yang akurat dan responsif.
Dukung Ketahanan Pangan Nasional ," Imigrasi Kuala Tungkal BERTAHAN".
Sebagai tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto tentang pentingnya menjaga Ketahanan Pangan Nasional, serta bagian dari 13 program Akselerasi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Ardianto, Kantor Imigrasi Kuala Tungkal turut berperan aktif melalui program BERTAHAN ( Berbakti Dalam Ketahanan Pangan).
Melalui program ini, jajaran pegawai melakukan budidaya ikan, cabe, terong, dan tomat dilingkungan kantor sebagai bentuk dukungan terhadap kemandirian, dan kepedulian kerja Imigrasi Kuala Tungkal.
Pada kegiatan rapat evaluasi Triwulan ke lll dilaksanakan di kantor wilayah Direktorat Jendral Imigrasi Jambi, diikuti oleh seluruh UPT se-Jambi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kuala Tungkal, Andriw Guntur Suryadarma Simanjuntak, menyampaikan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi seluruh jajaran, ungkapnya.
" Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, memperkuat pengawasan Keimigrasian, serta mendukung penuh program nasional dibawah arahan Bapak Presiden Republik Indonesia dan Menteri.
Seluruh capaian ini adalah bentuk pengabdian kami untuk masyarakat dan negara," tegasnya.
Dengan berbagai capaian tersebut, Kantor Imigrasi TPI ll Kuala Tungkal menegaskan sebagai institusi yang profesional, berintegritas, dan adaptif dalam memberikan pelayanan terbaik, dan berkontribusi nyata terhadap pembangunan nasional.
Editor :Wanito
Source : Rusdiansyah